Selamat Datang di blog kami, semoga bermanfaat buat kalian semua, dan jangan lupa follow ya

Selasa, 07 Desember 2010

Tekuk Thailand, Indonesia Loloskan Malaysia

Liputan6.com, Jakarta: Indonesia melangkah ke semifinal Piala AFF 2010 dengan raihan poin sempurna. Setelah tertinggal terlebih dahulu, Indonesia bangkit. Dua penalti striker pengganti Bambang Pamungkas membawa Indonesia menekuk Thailand 2-1 (0-0) pada partai pamungkas Grup A di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (7/12) malam WIB.

Babak pertama dikuasai mutlak Thailand. Minus Firman Utina dan Ahmad Bustomi membuat lini tengah Pasukan Garuda kelimpungan. Apalagi tekanan lawan di sektor ini sangat terasa. Eka Ramdani dan Tony Sucipto tak mampu bergerak dan mendistribusikan umpan secara leluasa. Beruntung bagi timnas, hingga babak pertama usai tidak ada gol tercipta.

Babak kedua berjalan enam menit kesalahan Markus Horison yang gagal memetik bola nyaris berbuah gol. Maman Abdurachman berjasa besar menghalau tendangan pemain lawan tepat di mulut gawang. Indonesia merespon dua menit kemudian ketika El Loco menerima umpan terobosan Eka. Sayang tendangan voli striker Persib Bandung itu melebar.

Riedl melakukan perubahan. Irfan Bachdim yang bermain di bawah form digantikan Bambang Pamungkas. Serangan bertubi-tubi Gajah Putih berbuah gol pada menit ke-68. Suree Sukha yang memperoleh kesempatan menembak di sisi kiri kotak penalti mengoyak gawang Indonesia tanpa mampu dibendung Markus Horison. Indonesia tertinggal 0-1.

Masuknya Arif Suyono menggantikan Oktavianus Maniani memberi tenaga ekstra. Permainan sayap yang tadinya tumpul mulai ada perkembangan signifikan. Thailand juga memberi napas dengan mengendurkan tekanan dan di menit ke-81 wasit menunjuk titik putih usai Cristian ’El Loco’ Gonzales dijatuhkan. Bepe yang masuk sebagai cadangan dengan tenang mengeksekusi penalti. Skor imbang 1-1.

Gol tersebut melecut pasukan asuhan Alfred Riedl lebih berani menekan. Pada menit ke-87, handball Panupong Wongsa berbuah penalti. Wongsa juga menerima kartu kuning kedua yang memaksanya meninggalkan lapangan lebih dini. Gemuruh kegembiraan sekitar 65 ribu penonton membahana. Dan Bepe tak menyia-nyiakan kesempatan emas menjebol gawang Thailand untuk kedua kalinya di menit ke-88.

Berkat kemenangan ini Indonesia melaju ke semifinal berpredikat juara grup dengan perolehan nilai sempurna, sembilan poin. Thailand tersingkir dan Malaysia yang melabrak Laos 5-1 menemani Pasukan Garuda dari Grup A.(DIM)http://adf.ly/Bsi4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar